Monday, December 15, 2014

Kenapa Saya Enggak Bikin Book Haul Post Lagi?

Apakah ada yang bertanya-tanya selama ini? Kalau ada yang penasaran, ini dia penjelasan saya. Kalau ternyata enggak ada yang penasaran... yaaa... saya tetap akan melanjutkan tulisan ini. Mariii...


Sejak saya bikin Page by Page tahun lalu, saya rajin dan (bisa dibilang) konsisten bikin book haul post tiap akhir bulannya. Book haul Page by Page sama saja kayak book haul-nya orang-orang lain, isinya pamer buku apa saja yang didapat selama sebulan, baik yang beli sendiri atau dapat gratisan. Gegara jalan-jalan ke blog anak-anak BBI lainnya, saya jadi sadar ternyata saya suka nengokin book haul post orang-orang. Saya jadi bisa lihat buku-buku baru yang didemenin para pembaca sekarang, jadi tahu buku-buku yang sebelumnya belum pernah saya dengar, tapi sebenernya sih karena memang seneng aja ngeliat belanjaan bukunya orang lain.

Karena saya cupu dan kurang gaul, baru beberapa waktu kemudian saya tahu kalau salah satu anggota BBI, Aul, sudah bikin meme khusus book haul post, judulnya Buying Monday.

Kepikiran sih ingin gabung Buying Monday, tapi saya takut enggak bisa konsisten nge-post di hari yang ditentukan, dan lagi saya juga belum ngerti-ngerti amat cara main meme begituan. Plus, saya males pula bikin postingan minta-minta maaf di blog sendiri kalau book haul saya telat naik atau bahkan enggak saya bikin. Mending saya tetap bikin book haul post sendiri saja deh, bisa seenak udel. Hehe, padahal udel kan enggak enak.

Tak dinyana (halah!), ternyata saya bisa cukup konsisten bikin book haul post, sampai pada suatu waktu saya merasa ada sesuatu yang salah (backsound: jeng jeng jeeeng).

Entah waktu itu saya enggak sadar atau pura-pura enggak sadar, saya jadi membeli buku dengan pikiran, “Biar bisa bikin book haul post nih di akhir bulan.” Alhasil, saya semakin konsumtif. Beli buku kayak beli kacang goreng... padahal saya jarang beli kacang goreng, hahha, ungkapannya jadi kurang pas. Yah pokoknya sering dan banyak.

Apakah saya salah kalau saya beli banyak buku? Salah sih mungkin enggak, tapi kurang bijaksana, karena saya belum berpenghasilan tetap. Dan yang bikin saya lebih merasa bersalah lagi adalah karena kecepatan saya beli buku tidak sebanding dengan kecepatan saya baca buku. Misal dalam sebulan saya baca empat buku, tapi di bulan itu juga saya malah beli sebelas buku.

Jomplang. Saya menimbun. Dan itu bikin saya dilema.

Di beberapa book haul posts terakhir yang saya bikin, kalian bisa lihat saya berusaha mengurangi belanja buku saya, hingga akhirnya saya merasa tidak perlu lagi membuat book haul post secara rutin tiap bulan. Mungkin ada pembaca Page by Page yang kayak saya, seneng nengokin book haul post, namun sayangnya saya (usahakan) tidak akan bikin book haul post lagi karena godaan untuk beli buku jadi terlalu besar bagi saya. Bukan berarti sekarang saya setop belanja buku, no no no, tapi intensi saya enggak pernah lagi demi bisa pamer di blog.

Jadi, itulah alasan saya enggak lagi bikin book haul post di Page by Page. Eh tapi, bukan berarti saya menyinyir blogger yang bikin book haul post. Please jangan berhenti, karena saya masih suka ngintipin book haul post kalian. Selalu menyegarkan dan informatif, love it!

Masih baca sampai sini? Hebat bener! Cium ah! Mwah ;*


Oh iya, post semacam ini akan saya kategorikan dalam label ‘mongomong’. Semoga ‘mongomong’ seperti ini tidak berhenti di sini saja. Well then, see you in the next post, readers!

5 comments:

  1. kecepatan saya beli buku tidak sebanding dengan kecepatan saya baca buku

    ini emang 'problem' klasik para 'penimbun' buku, hahaha XD

    ReplyDelete
  2. Problem pecinta buku si emang ^^ hahaha saya pun seperti itu >.<

    ReplyDelete
  3. Aku aja yg ga posting book haul kalap kok kalo belanja buku, apalagi kalo posting ya.
    taun depan ikut memenya oky, sekalian menahan diri untuk belanja. Semangat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, memenya oky yang bantai timbunan itu yah (kalo gak salah). aku juga ada rencana mau ngabisin timbunan, kayaknya bakal bikin wrap up post sebagai gantinya book haul post.

      Delete
    2. ternyata 'babat', bukan 'bantai'.... *malu

      Delete

Hi! Thanks for stopping by. I ALWAYS love book talks! So, do leave your comment about this post, it's free ;)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...